Manfaat Dibalik Limbah Botol Bekas

Posted by konservasi 120 UNNES on 14.27

Nama : Yogi Agung Prasetyo
Nim : 7101416240
Prodi : Pend. Ekonomi ( Adm Perkantoran )


Manfaat Dibalik Limbah Botol Bekas
                             

A.      Abstrak
Sampah botol plastik merupakan sampah yang paling sering dijumpai bahkan sampah botol ini menjadi permasalahan yang besar karna sangat susah untuk diuraikan tapi karna sangat susah untuk diuraikan tapi di balik dampak yang negatif sampah botol plastik ini juga bisa di manfaatkan salah satunya
sebagai wadah tanaman kecil atau sering di sebut pot. Banyaknya sampah botol plastik bisa memicu inovasi bagi orang-orang kreatif untuk berkarya. Pot gantungan adalah hasil kreasi yang cantik dari sampah botol plastik tidak di ragukan lagi memanfaatkan barang bebas menjadi barang kreasi bisa menambah niai guna dan niai jual barang tersebut,dapat juga menjadi peluang usaha yang berpotensi menguntungkan karna hanya bermodalkan sampah botol plastik.

B.     Latar Belakang
Sampah botol plastik adalah buangan botol bekas yang susah terurai dan dapat menimbulkan pencemarang lingkungan bila tidak di tangani secara tepat. Pada dasarnya sampah di bagi menjadi dua yaitu sampah organik dan sampah anorganik sampah botol plastik termasuk sampah anorganik sampah yang terbuat dari bahan-bahan kimia yang berbahaya terhadap lingkungan untuk menguraikan sampah botol plastik itu sendiri menimbulkan waktu yang lama kurang lebih 80 tahun agar dapat terdegradasi secara sempurna , maka dari itu penggunaan botol plastik sangat tidak dianjurkan karna bisa merusak lingkungan daalam jangka panjang. Seiring dengan perkembangannya teknologi kebutuhan botol plastik akan semakin bertambah. Buktinya makin banyak minuman dengan kemasan botol plastik konsekuensinya peningkatan sampah botol plastik tidak terkadang. Komposisi sampah dan limbah botol plastik 9,3% dari total sampah rumah tanggah . jumlah tersebut akan terus bertambah di sebabkan sifat-sifat yang di miliki plastik, karna tidak dapat membusuk,tidak dapat terurai secara alami tidak bisa menyerap air,dan pada akhirnya menjadi masalah lingkungan.
Dari faktor tersebut jika sampah botol plastik yang ada di lingkung akan terus bertambah,sedangkan tindakan nyata belum di lakukan. Dalam hal ini daya pikir yang kreaktif bagaimana memanfaaatkan sampah botol plastik menjadi lebih bermanfaat dan memiliki nilai ekonomis. Di indonesia sampah botol plastik umumnya di manfaatkan dengan cara memakainya kembali seperti botol plastik yang tidak terpakai akan di manfaatkan lagi menjadi pot bunga,pot tanaman bonsai, cabai,tobal dan tanaman lainnya yang memungkinkan untuk di tanaman dalam wadai kecil solusi tersebut mungkin tidak terlalu segnifikan dalam menguraikan sampah botol plastik yang berada pada lingngkungan , karna perkembangan teknologi semakin mendorong meningkatnya konsumsi botol plastik oleh karna itu masyarakat. Hal tersebut harus di imbangi dengan peningkatan pemanfaatan sampah botol plastik  misal saja botol plastik yang berada dalam lingkungan sekitar kita memanfaatkan kembali dalam bentuk  yang lain lebih menarik atau di buat kerajinan tangan ,sehingga hal tersebut akan membuka peluang bisnis yang menguntungkan dan dapat meningkat dan dapat meningkatkan nilai ekonomis dari botol plastik tersebut.

C.     Rumusan Masalah
Permasalahan yang akan di selesaikan melalui program kreatifitas karsacipta ini adalah :
1.      Bagaimana pemanfaattan sampah botol plastik menjadi bernilai ekonomis?
2.      Bagainama proses mengelola sampah botol plastik menjadi bernilai ekonomis?

D.    Tujuan
Tujuan yang ingin di capai dari program kreaktifitas karsacipta adalah:
1.      Untuk mengetahui pemanfaatan sampah botol plastik menjadi bernilai ekonomis.
2.      Untuk mengetahui pengelolaan sampah botol plastik menjadi bernilai ekonomis.

E.     Luaran Yang Diharapkan
Luaran yang di harapkan dari pelaksanaan program ini adalah untuk mengurangi sampah botol plastik di lingkungan dan untuk memanfaatkan sampah botol plastik menjadi bernilai ekonomis.


F.      Kesimpulan
Dari data di atas dapat kita simpulkan bahwa sampah plastik dapat merugikan dapat juga menguntungkan. Yang merugikan jika anda mebuangnya secara sembarangan yang menguntungkan jika anda memanfaatkannya semaksimalnya dan tentu tidak hanya mendapat keutungan ekonomis tapi juga dapat menyelamatkan dunia dari kerusakan lingkungan


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 14.27

0 komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

Diberdayakan oleh Blogger.

Daftar Blog Saya

PGA Head Teaching Professional

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

cari blog-blog menarik disini

Pages

What's Trending

CB